Jumat, 12 Oktober 2012

Evolusi Arsitektur Komputer


1. Evolusi Arsitektur Komputer

Perspektif Historis

Kebanyakan universitas di Eropa Barat dan Amerika Serikat , Khususnya yang sudah cukup tua , Memiliki moto atau semboyan yang biasanya dapat di lihat pada logo Universitas tersebut. Meskipun lokasi kedua institusi pendidikan ini sangat berdeketan satu sama lain , tidak banyak orang local menyadari bahwa orientasi pendidikan mereka ,yang terungkap dalam moto-moto tersebut ,merupakan warisan dari dua gerakan pendidikan yang pernah muncul dari sejarah manusia dan yang sampai kini ,dalam tingakt tertentu ,masih mempengaruhi orientasi pendidikan universal manusia: yang satu berorientasi pada pencarian kebenaran ,yang lain mengidealkan pengabdian kepada masyarakat banyak ,bagai kebenaran yang telah di temukan oleh manusia ,baik yang bersifat saintifik ,filosofis ,maupun religious . 

Pendahuluan
Dalam dunia teknologi saat ini kita mengenal istilah yang disebut komputer. Komputer merupakan alat bantu yang digunakan manusia untuk mengerjakan beberapa yang dpat memudahkan manusia dalam mengerjakannya seperti perhitungan ataupun hal-hal yang lainnya. Komputer zaman dahulu mungkin hanya bisa mengerjakan hal-hal yang sederhana saja namun berjalannya waktu teknologi pun semakin maju dan pesat sehingga komputer sekarang dapat membantu manusia dalam mengerjakan hal-hal yang rumit sekalipun. Seiiring dengan berjalannya waktu komputer pun mengalami revolusi atau perubahan sesuai generasinya. Generasi-generasi komputer pun menjadi beberapa generasi. Mulai dari komputer yang hanya bisa mengerjakan hal yang sederhana hingga yang rumit. Bentuk maupun spesifikasinya pun berbeda. Oleh karena itu komputer sangatlah membantu dalam pekerjaan manusia

Perspektif Historis
untuk meningkatkan kualitas pendidikan pada masa yang akan datang, tidak terlepas dari pendidikan di masa lampau yang berisi informasi tentang kejadian yang didasari konsep-konsep tertentu. Informasi tersebut dapat dijadikan sebagai bahan pembelajaran untuk memajukan pendidikan. Dengan melihat informasi bidang pendidikan dimasa lampau, manusia dapat menilai dan membandingkan  apakah pendidikan yang sudah dilakukan sudah sesuai dengan keadaan dan tujuan pendidikan sekarang sehingga dapat dijadikan sebagai pembanding untuk memajukan suatu bangsa.

Klasifikasi Arsitektur Komputer
konsep perencanaan dan struktur pengoperasian dasar dari suatu sistem komputer.Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak-biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang didesain (kecepatan proses dan sistem interkoneksinya).arsitektur komputer juga dapat didefinisikan dan dikategorikan sebagai ilmu dan sekaligus seni mengenai cara interkoneksi komponen-komponen perangkat keras untuk dapat menciptakan sebuah komputer yang memenuhi kebutuhan fungsional, kinerja, dan target biayanya.

Kualitas Arsitektur Komputer
kualitas atau mutu arsitektur komputer tidak mudah diukur. Banyak arsitek komputer menggunakan atribut yang dijelaskan pada bagian berikut ini untuk mengevaluasi mutu arsitektur. Seperti halnya atribut yang menjadikan arsitektur bangunan bermum, sebagian besar atribut berikut sulit dihitung. Pada hakekatnya, suatu arsitektur yang baik untuk satu aplikasi mungkin saja jelek untuk aplikasi yang lain, dan sebaliknya. Pada bagian ini, kita akan membahas enam atribut mutu arsitektur: generalitas (keumuman), daya terap, efisiensi, kemudahan penggunaan, daya tempa, dan daya kembang (ekpandabilitas).

Keberhasilan Arsitektur Komputer. 
  1. Keterbukaan arsitektur: Arsitektur dikatakan open (terbuka) bila perancangnya mempublikasikan spesifikasinya Keberadaan model pemrograman yang kompatibel don bisa dipahami. 
  2. Kinerja Sistem: Kinerja sistem sebagian ditentukan oleh kecepatan komputer. Untuk mengukur kinerja komputer, para arsitek menjalankan serangakian program yang standart, yang disebut benchmark,pada komputer. Benchmark ini memungkinkan arsitek untuk menentukan kecepatan relatif dari semua komputer yang menjalankan benchmark tersebut dan menentukan kecepatan absolute dari tiap komputer. Hasilnya bermanfaat bagi arsitek untuk melaporkan kinerja sistem dengan menggunakan berbagai performance metrics (metrik kinerja).
  3. Biaya Sistem: Bagian pokok dari biaya sistem computer adalah biaya peralatan logika dasarnya, yang sangat bervariasi dari peralatan satu dengan yang lainnya. beberapa aplikasi dengan metrik tersebut diperlukan adalah : Reliabilitas (keandalan) adalah sangat diperlukan oleh computer yang digunakan untuk mengontrol penerbangan, mengontrol kearnanan instalasi nuklir, atau kegiatan apa saja yang mempertaruhkan keselarnatan manusi.Kemudahan perbaikan khususnya penting bagi komputer yang mempunyai jumlah komponen yang besar.
Reverensi:

Share this article now on :